Wednesday, June 13, 2007

Click

Tulisan ini bukan tentang mouse click atau pun sesuatu yang berhubungan dengan komputer.
Ceritanya dua hari yang lalu, setelah sholat dhuhur, kerjaan hari itu sudah beres. Dibanding nganggur, aku lihat2 beberpa presentasi yg pernah dibagi temanku untuk pengembangan diri. Salah satunya mengenai "TODAY MATTERS". Salah satu slidenya berisi:
"Hari ini Penting."
"Hari inilah satu-satunya waktu yang Anda punyai."
"Hari kemarin sudah terlambat dan Anda tidak bisa mengandalkan hari esok."
Isinya benar2 menarik, mulai dari pentingnya kita mengutamakan hari ini dengan berbuat yang terbaik, sampai dengan prinsip2 planning, executing dan reviewing. Kebetulan minggu lalu juga baru dapat kursus tentang Six Sigma. Jadi presentasi ini jadi menarik sekali bagiku.
Malamnya aku coba nonton satu film yang judulnya "Click" yg dimainkan oleh Adam Sanders. FYI, ini pertama kalinya aku nonton film dari awal sampai habis selama di Qatar. Biasanya cuma sambil lewat aja di TV.
Film ini bercerita tentang seseorang yang menemukan Remote Sakti. Dengan remote itu dia bisa me-"mute" gonggongan anjingya yg ribut, dia juga bisa mem-"pause" dunia disekelilingnya, mempercepat (FastForward) episode hidupnya yg tidak perlu, me-"rewind" cerita masa lalunya, dan lain2. Pada awalnya dia menikmati hal itu, karena dia bisa memilih episode hidup yang dia inginkan.
Tapi, kemudian dia baru sadar bahwa dia melewatkan banyak hal: orangtuanya meninggal, anaknya tumbuh dewasa dan perceraiannya dengan istrinya. Dia baru sadar betapa berharganya waktu yang sudah dia lewatkan. Betapa berharganya hari demi hari yang dia lewati.
Sungguh mulia Al Quran yang sudah mengingatkan kita:
"Demi waktu. Manusia itu sangat rugi, bila melewatkan saja waktu dengan hal2 yg sia2" (Ini terjemahan bebas ayat pertama surat Al Ashr)

No comments: