Monday, July 30, 2007

Menunggu Lotus Notes 8

Cerita tentang Lotus Notes 8 sudah banyak dipublikasikan, bahkan sebelum Notes 7 keluar.
Launching Lotus Notes 8 tinggal menunggu hari. Awal agustus ini rencananya versi baru Lotus Notes ini akan keluar. Perubahannya tidak hanya terjadi pada fitur, tetapi juga pada tampilan dan frameworknya.
Berbeda dengan Lotus Notes 7 dan sebelumnya yang dibangun dengan menggunakan kode C++, Lotus Notes 8 dibangun di atas framework "Eclipse" yang berbasis Java. Jadi bisa dibayangkan perubahan yang terjadi.
Di satu sisi hal ini akan menjadikan Lotus Notes suatu flatform aplikasi yang terbuka. Sesuai janjinya, aplikasi ini tidak hanya berjalan di Windows, tetapi juga di Mac dan Linux. Hal ini akan menghilangkan keragu2an enterprise yang ingin menggunakan Linux sebagai desktop. Lha, untuk office suitenya bagaimana? Di Lotus Notes 8, IBM sudah memasukkan komponen office (word processor, spreadsheet, presentation bulder). Selain itu, seperti yg sudah dimaklumi, bahwa plug-in eclipse sudah banyak sekali di pasaran, baik yg gratis maupun berbayar. Selain itu, dengan adanya fitur yang memungkinkan Lotus Notes 8 sebagai client WebSphere portal, maka akan membuat Lotus Notes 8 menjadi user interface utama dalam pengguna bekerja sehari2, tanpa dia harus tahu system itu memakai windows, linux maupun mac.
Dari sisi lain, karena menggunakan teknologi java, kemungkinan besar aplikasi ini akan sangat haus akan system resources seperti processor dan memory. Jadi pastikan Anda menggunakan sistem yang cukup canggih sebelum menginstall produk ini.
Bagaimana tanggapan pasar? Kita lihat saja minggu depan.

No comments: