Thursday, July 26, 2007

Federated Portal Network

SAP mengeluarkan konsep federated portal network. Secara konsep, memang fitur ini yang sudah ditunggu2 sejak lama.
Teknologu portal memang semakin maju dan berkembang. Dimana pada awalnya portal dimaksudkan untuk menggabungkan beberapa aplikasi front-end menjadi satu kesatuan. Jadi dengan hanya login ke satu website, kita bisa mengakses semua web yang berkaitan dengan pekerjaan kita.Pertanyaannya muncul ketika suatu perusahaan menpunyai lebih dari satu portal. Alasannya bisa banyak, antara lain karena merger atau karena besarnya organisasi, sehingga masing2 divisi membuat portal sendiri2.
Federated portal ini menjadi solusi dimana masing-masing portal tersebut bisa saling berkomunikasi dan saling mengisi. Jadi ada portal yang jadi penyedia konten dan ada portal yang menjadi pemakai konten. Hal ini akan menjadi sangat powerful apabila portal ini bisa bekerja sama, walaupun berasal dari vendor yang berbeda. Di sinilah peran standarisasi portlet.
Sayangnya, begitu sampai ke tahap implementasi, SAP memberikan batasan2 sbb:
1. Semua portal harus dalam satu domain
2. Semua portal harus menggunakan user direktori yang sama
3. semua portal harus menggunakan protokol yg sama (http saja atau https saja)
4. Tidak ada "pembatas" antar portal2 itu, seperti firewall, proxy dan load balancer.
Dengan batasa2 tersebut, federated portal seolah jadi solusi main2. Dalam hal perusahaan yang merger, jarang sekali networknya langsung dibuka. Paling tidak kedua portalnya akan berada di domain berbeda dan firewall yang berbeda. Tentu saja user direktorinya juga berbeda.
Trus maksudnya SAP dengan FDN ini apa, ya?

No comments: