Tuesday, November 27, 2007

How to make blogspot.com into .com?

Dikarenakan banyak pertanyaan mengenai bagaimana mengubah suatu website dari .blogspot.com menjadi .com, maka berikut ini saya buatkan semacam langkah2 sederhana untuk melakukannya:

1. Pastikan Anda mempunyai blogspot account. Contoh: http://tentangqatar.blogspot.com/

2. Beli domain di beberapa penyedia layanan ini. Kebetulan untuk blog saya, saya menggunakan GoDaddy. Dalam pendaftaran domain ini, akan banyak sekali penawaran harga khusus. Jangan mudah terpengaruh. Pastikan Anda hanya memilih untuk membeli domain saja. Biayanya tidak akan lebih dari 10USD.

3. Setelah membeli domain, Anda akan mendapatkan user id dan password untuk masuk ke menu administrator. Silahkan masuk ke GoDaddy dan login. Untuk registrar yg bukan GoDaddy, silahkan lihat link ini.

4. Buka tab "Domain", pilih "My Domain"

5. Klik pada nama domain anda. Contohnya: www.tentangqatar.com
6. Cari box dengan tulisan "Total DNS Control and MX Records"
7. Klik "Add CNAME Record", atau klik edit bila namanya sudah ada di list
7.a. Pada kolom "Enter an Alias Name", masukkan nama domain Anda (contoh: www.tentangqatar.com
7.b. Pada kolom "Host Name", masukkan ghs.google.com
8. Klik "OK"

Di sisi lain, pada bloggernya juga perlu di setup sedikit:
1. login ke blogger menggunakan user id dan password Anda
2. Dari dashboard, pilih blog yg ingin anda ubah alamatnya
3. Pilih tab "Setting", lalu "Publishing"
4. Pilih "Custom Domain", "Advanced"
5. Masukkan nama domain Anda yg baru dan "Save Setting"
6. Anda juga punya pilihan agar orang yg memasukkan alamat lama diarahkan ke alamat baru. Klik saja pilihan tepat dibawah anda memasukkan nama domain yg baru.

SELESAI

Catatan:
- Anda boleh memakai akhiran apa pun, tidak hanya .com. Contoh: .org, .info, .net, dll
- Selain GoDaddy, Anda bisa juga memakai everydns.net, smallbusiness.yahoo.com, no-ip.com, dll

3 comments:

Anang, yb said...

halo mas syarif,
saya udah praktekin untuk blog saya.
Cuma, ketika saya balikin lagi ke nama asli blogspot kok error melulu ya?

saya udah hapus Cname di nama domain.

Settting publishing di blogger juga sudah saya rubah ke blogspot tp error, tidak mau diSAVE hasil perubahan settingnya.

kenapa mas?

Sentot Prasasto said...

duh, senasib nih..... aq juga gak bisa balikin ke nama asli blogspot.... napa ya?

Wandering Guy said...

Hi,

A good post on Apa aja. We are VA4World a virtual assistant firm who provide admin support service for SME’s all over the world. We would like to hear your feedback.

Thanks,
Sridhar – VA4World for viral marketing, SEO and admin support