Sunday, November 18, 2007

Book AirAsia: Mengapa Harus Teliti?

Pernahkah Anda melakukan pemesanan AirAsia dari web? Sadarkah Anda bahwa di sana ada asuransi yg seharusnya tidak wajib untuk dibeli?

Aku sebenarnya sudah lama geregetan karena mengetahui hal ini. Sampai aku pesan tiket hari ini, aku rasa ada baiknya aku sampaikan agar pembeli tiket AirAsia tahu apa yg mereka bayar.

Seperti yg telah diketahui, kita bisa memesan tiket AirAsia lewat web. Hal ini tentu saja sangat mempermudah hidup kita, karena kita tidak perlu buang waktu ke travel agent untuk membeli tiket pesawat. Sama halnya juga, aku bisa membeli tiket pesawat walaupun aku sedang di luar negeri sekalipun.

Sayangnya, setelah melewati beberapa step, AirAsia akan mencantumkan biaya asuransi GoInsure yg tidak bisa kita batalkan di halaman itu. Asuransi ini bisa kita batalkan di halaman selanjutnya. Pada kenyataannya, dihalaman selanjutnya lokasi untuk membatalkan asuransi inipun tidaklah mudah. Menu konfirmasinya pun membingungkan. Pengguna harus menekan tombol "Cancel" untuk membatalkan asuransi tersebut, di mana pada umumnya pertanyaan adalah "Are you sure?" dan jawaban "OK" untuk membatalkan sesuatu di web. Saya yakin, untuk pengguna awam, umumnya terus melakukan proses pembelian dengan menekan tombol "Next dan Finish". Tanpa sadar mereka sudah membayarkan sesuatu yg tidak mereka ketahui.

Menurutku ini bukanlah cara yg elegan untuk berjualan asuransi. Para pembeli awam tidak akan tahu apa saja hak nya, walaupun mereka sudah meng-klik tombol "I Confirm" di bagian term and condition asuransi tersebut. Sekedar masukan buat AirAsia, akan lebih cantik apabila AirAsia meletakkan pilihan ini pada saat awal booking, sehingga pembeli tidak merasa dipaksa untuk membeli asuransi ini.

Di sisi lain, bagi pembeli yg tidak menginginkan asuransi ini, silahkan ikuti step2 berikut:
1. Setelah Anda masuk ke menu Pembayaran, lihat di sebelah kiri layar, Anda akan menemukan Tulisan GoInsure [Tidak, Terima Kasih]
2. Klik tulisan [Tidak, Terima Kasih] dan tunggu beberapa saat akan keluar confirmation message box
3. Pastikan Anda menekan tombol "Cancel"
4. Biaya asuransi akan hilang dari rincian biaya tiket Anda
5. Teruskan proses pembayaran

No comments: