Wednesday, July 25, 2007

BPM (Business Process Management)

BPM? Bukannya itu istilah lama? Sudah sejak tahun 90-an juga BPM sudah sering dibahas. Lalu kenapa sekarang dibahas lagi?
Itulah uniknya IT. Konsep yg dibahas sebenarnya itu2 aja, tetapi dengan metode baru dan cara baru.
Contohnya dulu kita sudah mengenal object oriented programming sebagai metode baru pemrograman yg dulunya lebih banyak pakai prosedur. Dari prosedur2 yg kaku, dibuat suatu arsitektur pemrograman baru berupa object. Object-object tersebut menjadi lebih flexible dan pemrograman jadi lebih mudah. Sebenarnya services yang kita kenal sekarang juga tidak berbeda konsepnya dengan object, yaitu meng-enkapsulasi suatu proses bisnis menjadi satu service dengan metode dan standard yang baru..
Begitu juga dengan BPM. Dulu BPM sudah sering dibahas. Banyak business process engine dan workflow engine beredar di pasaran. Engine tersebut bisa memberikan laporan tentang seberapa bagus suatu proses bisnis berjalan. Tapi ini hanya berlaku untuk satu aplikasi dan satu platform saja.
Sekarang bedanya adalah, dengan adanya konsep SOA, proses bisnis bisa berjalan dengan menghubungkan banyak services dari beberapa aplikasi. Malahan, proses bisnisnya bisa berjalan tidak hanya di dalam satu perusahaan saja, tetapi juga melibatkan banyak perusahaan di luarnya.
Contohnya, apabila seseorang yang ingin memberli mobil, dia harus pergi ke showroom, lalu melakukan proses pembelian. Apabila dia mau kredit, dia harus ke bank untuk pengajuan kredit dan tentu saja harus ke asuransi sebagai jaminan untuk bank. Setelah proses itu selesai, orang ini harus mengurus nomor plat mobil dan membayar STNK. Bayangkan apabila sistem di-Indonesia sudah terhubung berdasarkan SOA, orang ini tinggal membawa dokumen2nya ke dealer, dan otomatis system dari dealer akan mensubmit request ke bank dan asuransi. Apabila kredit dan asuransinya disetujui, prosesnya akan diteruskan ke kepolisian dan sistem secara otomatis akan melakukan pembayaran ke departemen pajak dengan mendebet rekening orang itu di bank. Orang itu tinggal cek di internet tentang status pembelian mobilnya, yang mungkin hanya memakan waktu beberapa hari saja.
Inilah cita-citanya BPM yang berdasarkan SOA.Sebagai tambahan info, untuk pembuatan proses bisnis ini, saat ini sudah dibuat standard khusus, yaitu BPMN (Business Process Modelling Notation) dan BPML (business process modelling language) untuk permodelan. Sedangkan untuk run-time, dibuatlah BPEL (Business Process Execution Language) standard.

No comments: