Saturday, January 31, 2009

Cara Cepat Membuat Website Event

Seperti yg kita fahami bersama suatu kegiatan/event biasanya diadakan dalam waktu tertentu saja. Sedangkan publikasi merupakan faktor mutlak yg dibutuhkan untuk mempermudah menarik peserta. Online website adalah salah satu cara jitu untuk mempublikasikan suatu acara. Tetapi, kalau untuk membuatnya butuh tenaga dan waktu yang banyak, bisa2 deadline acara pun tidak terkejar. Lalu bagaimana solusinya?

Ada tools yang disediakan Google untuk membantu kita mempercepat pembuatan website, lengkap dengan fasilitas formulir pendaftaran, komentar, counter dan lain2. Berikut ini caranya:
1. Bila Anda belum punya account google, daftar saja sebagai anggota baru di link ini.
2. Setelah account google jadi, login dengan menggunakan user ID dan password Anda
3. Buat formulir pendaftaran dengan menggunakan Google Docs di sini. Klik pada menu New --> Form. Anda bisa berkeasi dengan formulir Anda. Selain itu, data yg dimasukkan lewat formulir ini bisa dilihat di spreadsheet kita dengan judul yg sama. Spreadsheet ini bisa di-Share dengan panitia lain dengan cara mengklik tonbol Share di kanan atas dan memasukkan alamat email para viewer dan editor-nya. Alamat email ini tidak harus pakai Gmail.
4. Buat google site di sini. Anda bisa menambahkan halaman baru, counter dll, tanpa perlu tahu HTML dan pemrograman. Page (halaman) ini bisa diedit secara bersama2 dengan memberikan akses ke orang yg diinginkan.
5. Cara memasukkan formulir ke Google Sites

a. Buat satu page baru
b. Pilih menu “Insert à Spreadsheet Form”
c. Pilih formulir Anda
d. Simpan page tersebut
6. Cara menggunakan domain sendiri untuk website tersebut dengan domain gratis.

a. Daftar di sini.
b. Masukkan nama domain yg Anda inginkan
c. Untuk setup yg paling mudah adalah autoforward. Masukkan link website google site Anda, otomatis linknya langsung berjalan.
7. Bila diinginkan bisa juga membuat alamat email sesuai dengan alamat website. Caranya di sini.

Selesai. Contohnya di sini.

No comments: