Tuesday, May 20, 2008

Tingkat Kemanan di Indonesia Membaik?


Benar. Fakta membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yg mampu menunjukkan perbaikan keamanan yg paling baik dibanding tahun yang lalu.

Adalah satu report yg baru saja disampaikan mengenai Global Peace Index. Laporan ini berisi review tentang tingkat keamanan suatu negara dilihat dari jumlah konflik, hubungan antar negara dan tingkat kriminalitas di negara tersebut. Ada sekitar 24 item yg dinilai dalam study ini, lengkapnya ada di web Vision of Humanity.

Dari peringkat itu, memang Indonesia masih berada di tengah dengan tingkat peace medium (Lihat gambar). Indonesia berada di peringkat 68 dari 140 negara yg disurvey. Posisi Indonesia masih dibawah negara2 tetangganya, seperti Singapura (29), Malaysia (38), atau bahkan Vietnam (37). Untungnya.... Indonesia masih di atas Philipina (113) dan Thailand (118).

Tetapi bila dilihat dari perbandingan dari tahun yang lalu, Indonesia ternyata menduduki posisi paling baik dengan peningkatan sebesar 13 poin. Apa artinya ini? Mudah2an ini merupakan kado dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional. Mudah2an Indonesia memang sudah benar2 bangkit dari tidurnya yg panjang. Amin.

Berita terkait:
Amankah Negara Qatar?

No comments: